kjlkajsd lkjald

DETAIL THESIS

STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA BAHARI DI PANTAI LOVINA KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG


Oleh : A.A.A RIBEKA MARTHA PURWAHITA | -
Bidang Ilmu : Kajian Pariwisata | Tahun Penelitian : 2012



ABSTRAK

Pantai Lovina merupakan salah satu destinasi wisata di wilayah Bali Utara yang memiliki keindahan pantai yang masih alami dan tenang. Potensi daya tarik wisata yang dimiliki Pantai Lovina yaitu wisata melihat lumba-lumba di alam bebas, terumbu karang dan ikan hias, ternyata mampu menarik minat wisatawan untuk melakukan wisata bahari di Pantai Lovina. Namun Pantai Lovina masih mengalami kendala dalam perkembangannya, baik kendala dari kondisi eksternal maupun kondisi internal, yang memberikan pengaruh secara langsung terhadap perkembangan wisata bahari. Untuk meningkatkan perkembangan wisata bahari di Pantai Lovina dibutuhkan strategi pengembangan wisata bahari yang tepat dan mampu mengatasi kendala kondisi internal eksternal, selain itu juga mampu memaksimalkan dan menjaga potensi-potensi alam yang ada. Secara umum penelitian ini dilakukan untuk mengkaji perkembangan wisata bahari di Pantai Lovina. Selain itu juga untuk mengetahui potensi wisata bahari di pantai Lovina dan mengkaji kondisi lingkungan internal dan eksternal wisata bahari di Pantai Lovina, serta merumuskan strategi pengembangan wisata bahari di Pantai Lovina. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yang dibantu dengan matriks IFAS-EFAS dan analisis SWOT. Dari hasil analisis SWOT dapat dirumuskan strategi pengembangan wisata bahari di Pantai Lovina. Berdasarkan teori Tourism Area Life Cycle Pantai Lovina berada pada fase ketiga yaitu fase development. Hasil pengumpulan data menemukan beberapa faktor internal yang berupa kekuatan(strengths) dan kelemahan (weaknesses) dan faktor eksternal yang berupa peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Hasil analisis Internal- eksternal, strategi yang diterapkan di Pantai Lovina berada pada sel IV yaitu tumbuh dan bina (berhenti sejenak). Adapun strategi yang direkomendasikan adalah : Strategi SO yaitu strategi pengembangan produk pariwisata bahari, strategi penetrasi pasar melalui berbagai komponen pariwisata. Strategi ST yaitu strategi peningkatan keamanan dan kenyamanan di Pantai Lovina, strategi mempertahankan dan meningkatkan potensi wisata bahari beserta sarana dan prasarananya. Strategi WO berupa strategi peningkatan kerjasama dan promosi, strategi menata dan meningkatkan kebersihan Pantai Lovina. Strategi WT berupa strategi peningkatan kerjasama dan kesadaran pelaku pariwisata akan perkembangan wisata bahari dan strategi pengembangan upaya pelestarian potensi laut wisata bahari di Pantai Lovina. Melalui strategi pengembangan wisata bahari di Pantai Lovina diharapkan manfaatnya bisa dirasakan oleh semua pihak yaitu dengan melibatkan berbagai komponen pariwisata untuk bekerjasama sehingga perkembangan wisata bahari dapat lebih optimal.


Kata Kunci: strategi pengembangan, wisata bahari, Pantai Lovina


ABSTRACT

Lovina Beach is one of the tourist attractions in North Bali. the beauty of the beach which is still natural and quiet. The potential of Lovina Beach would include: dolphin watching at the sea, terumbuh karang and ikan hias, could attracts domestic and foreign tourists doing marine tourism at Lovina Beach. However, there are several problems in the development of Lovina Beach, those are internal and external condition that influence directly to marine tourism. To increase the development of marine tourism at Lovina Beach, need a marine tourism development strategy to solve internal and external condition. On the other side it could keep nature resources. This research was conducted to examine the development of marine tourism and formulate tourism development strategy at Lovina Beach. In addition, to determine the potential for marine tourism and assess internal and external environmental conditions of marine tourism at Lovina Beach. The data in the study were analyzed descriptively and qualitatively supported with IFAS-EFAS matrix and SWOT analysis. Based on the result of SWOT analysis could be formulated the strategies used to develop the marine tourism in Lovina Beach. Based on the theory of Tourism Area Life Cycle, Lovina Beach was in the third phase, namely, in the phase of development. It was found that there were several internal factors which included the strengths and weaknesses, and several external factors which included opportunities and threats. Based on the internal and external results of analysis, the strategy applied at Lovina Beach was on cell IV, namely, growing and being supervised (temporarily stopped). The recommended strategies are : The SO strategies included the strategy to develop product of marine toursm the market penetration strategy though various components of tourism. The ST strategies included the strategy to improve security and comfort at Lovina Beach, the strategy to maintain and improve the potentials of tourism, and the facilities and infrastructures needed should be improved. The WO strategies included to expand cooperation and promotion, the strategy to manage and expand cleanliness at Lovina Beach. The WT strategies included the strategy to expand cooperation and awareness of those who were involved in the development of marine tourism, and the strategy to develop the attempts made to preserve the potentials of marine tourism at Lovina Beach. The strategy of developing marine tourism at Lovina Beach hopes will benefit all the parties. All the components involved should work together to develop it more optimally


Keywords: Strategy Development, Marine Tourism, Lovina Beach.