kjlkajsd lkjald

DETAIL THESIS

ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP NILAI PENJUALAN PRODUK PADA UD. KOPI BALI BANYUATIS SINGARAJA


Oleh : Nyoman Dane | -
Bidang Ilmu : Agribisnis | Tahun Penelitian : 2012



ABSTRAK

Promosi merupakan bermacam kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan kelebihan-kelebihan produknya dan membujuk pelanggan sasaran untuk membeli produk yang dihasilkan. Integrasi yang terpadu dalam menggunakan instrumen promosi untuk meningkatkan nilai penjualan harus dan penting dilakukan dalam bentuk proses terpadu yang sering disebut komunikasi pemasaran terpadu atau integrated marketing communications (IMC) yang mencakup upaya koordinasi dari berbagai elemen promosi dan kegiatan pemasaran lainnya. Oleh karena itu penelitian ini dirancang untuk mengetahui peran promosi (bauran promosi) yang terdiri dari biaya periklanan, biaya promosi penjualan, serta biaya hubungan masyarakat dan pemberitaan dalam mempengaruhi nilai penjualan produk di UD. Kopi Bali Banyuatis Singaraja. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya periklanan, biaya promosi, dan biaya hubungan masyarakat dan pemberitaan dari tahun 2007 – 2011. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel bauran promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai penjualan dengan nilai p-value sebesar 0,001 lebih kecil dari level of significant 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 6,814 lebih besar dari Ftabel 2,769 dengan koefisien determinasi sebesar 0,228 atau 22,8%. Secara parsial, dari tiga variabel bauran promosi menunjukkan biaya periklanan dan biaya promosi berpengaruh tidak signifikan, sedangkan variabel hubungan masyarakat dan pemberitaan menunjukkan hasil yang signifikan. Variabel yang paling dominan mempengaruhi nilai penjualan adalah biaya hubungan masyarakat dan pemberitaan dengan nilai standardized coefficient beta sebesar 0.412. Berdasarkan hasil penelitian, walaupun secara parsial variabel biaya periklanan dan biaya promosi berpengaruh tidak signifikan bukan berarti variabel tersebut diabaikan, akan tetapi harus dikaji lagi agar dimasa yang akan datang nilai penjualan produk dapat tercapai secara maksimal. Disatu sisi variabel biaya hubungan masyarakat dan pemberitaan tetap dipertahankan dan diupayakan perannya lebih maksimal agar tercapai nilai penjualan produk yang lebih baik lagi.


Kata Kunci: biaya promosi, nilai penjualan.


ABSTRACT

Promotion is an activity undertaken various companies to communicate product advantages and persuade target customers to buy the product. Integration of a new integrated campaign using instruments to increase sales value and importance must be done in the form of an integrated process which is often called integrated marketing communications or integrated marketing communications (IMC), which includes the coordination of the various promotional elements and other marketing activities. Therefore, this study was designed to determine the role of promotion (promotion mix), which consists of the cost of advertising, sales promotion expenses, and the cost of public relations and news in influencing product sales value at UD. Kopi Bali Banyuatis Singaraja. The data used in this study is the cost of advertising, promotional costs, and the cost of public relations and news from the year 2007 to 2011. The data analysis technique used is multiple linear regression with SPSS version 17.0. The results showed simultaneous promotion mix variables have a positive and significant impact on the value of sales to the value of 0.001 p-value less than 0.05 level of significant and Fhitung value of 6.814 is greater than 2.769 Ftabel with determination coefficient 0.228 or 22.8 %. Partially, of the three variables promotional mix shows the cost of advertising and promotion costs are not significantly affected, while the public relations and news variables showed significant results. Most dominant variable affecting the value of sales is the cost of public relations and reporting the value of the standardized beta coefficient for 0412. Based on these results, although partially variable cost of advertising and promotion costs are not significantly influence the variable was not ignored, but must be assessed again to the future sales value of the product to its full potential can be achieved. On one side of the variable costs of public relations and the news was maintained and sought to maximize its role in order to achieve product sales better.


Keywords: promotional, sales value.