Pimpinan Program Pascasarjana

Tari Cakrawartin dan Padus Pascasarjana

Kuliah Perdana

Pengabdian Kepada Masyarakat

Lokakarya Pascasarjana Unud

<!–:IN–>Ilmu Teknik<!–:–>

PENDAHULUAN

Program Doktor (S3) Ilmu Teknik Program Pasca Sarjana (PPS) Universitas Udayana lahir tahun 2014 dengan Surat Ijin Penyelenggaraan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 472/E/O/2014  Tgl. 8 Oktober  2014. Lahirnya  Program S3 Ilmu Teknik didasari oleh keinginan menjembatani  minat masyarakat untuk mengakses pendidikan tinggi menjadi lebih luas. Sehingga masyarakat mempunyai alternatif untuk mengembangkan diri sesuai dengan potensi yang dimiliki.  Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber daya manusia dalam bidang ilmu teknik yang kompeten dan terampil yang berkontribusi pada teknologi pendukung kepariwisataan berbasis riset yang berkualitas yang hasilnya dapat dipublikasikan baik secara nasional maupun internasional. Serta memberikan kontribusi tehadap perkembangan bangsa khususnya dalam penyediaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk menyelesaikan persoalan secara komprehensif, inovatif, kreatif, yang bermuara pada peningkatan nation competitiveness.

TUJUAN  PENDIDIKAN  

Pendidikan S3 Ilmu Teknik  Universitas Udayana bertujuan untuk :

  1. Menghasilkan lulusan yang berwawasan luas dengan penguasaan ilmu ilmu keteknikan yang kompeten dalam rangka memajukan industri kepariwisataan berlandaskan Tri Hita Karana;
  2. Menghasilkan lulusan yang berpikir dan berkarya kreatif, inovatif di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dapat menghasilkan temuan baru;
  3. Menyebarluaskan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta hasil-hasil penelitian pada masyarakat.

PERSYARATAN  CALON

Persyaratan  bagi calon peserta Program S3 Ilmu Teknik adalah

  1. Magister dalam Ilmu Teknik Mesin, T.Material, T.Elektro, T.Kimia, T.Lingkungan, T.Sipil, Ergonomi, T.Perkapalan, Teknologi Pertanian, T.Industri, Arsitektur, T.Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, MIPA Fisika, Matematika, dan Statistik
  2. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) pada pendidikan sebelumnya minimal 3,00 Jika IPK kurang dari 3,00 maka yang bersangkutan harus Mendapat rekomendasi dari bekas pembimbing / pakar di bidangnya bahwa yang bersangkutan mampu mengikuti pendidikan  doktor.
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan nilai setara TOEFL 550 atau IELTS 5.5. dan Lulus Tes Potensi Akademik yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru Universitas Udayana dengan nilai minimal 500.
  4. Lulus ujian seleksi yang diselenggarakan oleh panitia Universitas Udayana.

KURIKULUM  DAN BEBAN  STUDI

Kurikulum Program Doktor (S3) Ilmu Teknik (PDIT) dirancang untuk capaian pembelajaran(Learning Outcomes) pada lulusannya menurut kualifikasi level 9 dari Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Masa studi pada PDIT adalah  minimal dalam waktu 3 (tiga) tahun. Beban belajar S3 Ilmu Teknik adalah 72 SKS .

Tahapan penelitian akan dapat dilaksanakan oleh mahasiswa apabila mahasiswa telah dinyatakan lulus ujian kualifikasi dengan nilai sekurang – kurangnya bernilai (B) yang equivalen dengan nilai 76-85. Apabila tidak terpenuhi mahasiswa diwajibkan untuk mengulang paling sedikit 2 (dua) kali sampai nilai minimum terpenuhi.

Ketentuan dan persyaratan mahasiswa berhak menerima SKS yang ditawarkan secara penuh sebagai berikut;

SARANA DAN SUMBER DAYA  

  1. Gedung dan fasilitas penunjang pendidikan dilengkapi dengan fasilitas  teknologi informasi e-library, e-journal dan e-book, ruang kuliah serta ruang administrasi yang representative.
  2. Dosen pengasuh untuk terselenggaranya pendidikan yang bermutu.  Terdiri dari 14 orang bergelarProfessor (guru besar) dan 45 orang dosen bergelar doktor. (Daftar Nama Dosen)