Monthly Archives: May 2017

Pelepasan Calon Wisudawan ke-86 Periode II Program Pascasarjana UNUD

PROGRAM Pascasarjana Universitas Udayana (PPS Unud) menggelar pelepasan calon wisudawan ke-86 periode II di Gedung Pascasarjana Unud, Jalan PB Sudirman, Denpasar,Rabu (31/5) kemarin. Yudisium diikuti 7 orang, masing-masing 3 orang dari Program Magister Ergonomi Fisiologi Kerja dan 4 orang dari Program Magister Ilmu Lingkungan. Dari jumlah itu,  5 orang (71,43%) dari Program Doktor meraih predikat Dengan Pujian.

“Para Calon Wisudawan ini telah berhasil mengikuti studi magister diharapkan nanti mereka mampu mengimplementasikan kompetensi yang telah diperoleh melalui proses pendidikan ini,” ujar Direktur PPS Unud Prof. Dr. dr. AA Raka Sudewi, Sp.s(K).

”Target mutu dari prodi minimal lulusan 60 persen tepat waktu. Sebagian prodi sudah mencapai 70 persen, sebagian belum. Nanti ke depannya lebih ditingkatkan lagi bagi yang belum sehingga berkelanjutan,” jelasnya.

Raka Sudewi menegaskan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan PPS Unud.

“Kami memang melakukan seleksi ketat karena tiap tahunnya pasti ada peningkatan jumlah mahasiswa yang berminat melanjutkan di pascasarjana. Peningkatan rata-rata 10 persen per tahun,” tandasnya.

Pelepasan Calon Wisudawan juga diisi penyerahan piagam penghargaan bagi karya siswa Magister yang memperoleh indeks prestasi tertinggi. Pada program Magister, diberikan kepada Ika Fitri Wulan Dhari dengan IPK 4,00 dari Prodi Magister Magister Ergonomi Fisiologi Kerja. Tercatat ada 2 Program Magister dan 1 Program Doktor yang dimiliki PPS Unud. Sejauh ini telah meluluskan total 447 orang Magister. (pps.unud/IT )

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Profesi dan Pascasarjana Universitas Udayana Semester Ganjil Tahap II Tahun Akademik 2017/2018

UNTUK INFORMASI SELENGKAPNYA DAPAT DILIHAT PADA (LINK)

Akreditasi Prodi S2 Teknik Sipil

Denpasar (15/05/2017) –  Program Studi Magister (S2) Teknik Sipil menerima kunjungan Tim Asesor BAN-PT dalam rangka Asesmen Lapangan. Tim Asesor yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Agoes Soehardjono, MS dan Dr. Ir. Heru Purnomo diterima langsung oleh Wakil Rektor Unud, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas Teknik, , Kaprodi S2 Teknik Sipil, Unit Penjaminan Mutu Pascasarjana, dan Unit Sumber Daya Informasi (USDI) Unud.

Akreditasi merupakan proses untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Unud. Program Studi Magister (S2) Teknik Sipil selama ini terus berusaha meningkatkan kualitasnya. Akreditasi menjadi potret prodi sepanjang tahun yang akan diperbaiki tiap tahunnya, dan masing-masing Program studi sudah mempersiapkan proses ini dengan sebaik-baiknya. Melalui asesmen lapangan, tim Asesor juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada Pengelola Program Studi Magister (S2) Teknik Sipil dan jajarannya agar pengembangan program studi menjadi lebih baik.

Selain itu, Akreditasi adalah suatu hal penting dan merupakan suatu bentuk pengakuan bagi program studi, karena program studi setidaknya mendapat dua pengakuan, pertama pengakuan dari pemerintah melalui proses akreditasi dan kedua pengakuan masyarakat dalam bentuk minat masyarakat untuk masuk Program Studi. Apabila tidak mendapatkan pengakuan seperti akreditasi, maka berdampak kepada alumni yang kesulitan mendapatkan lapangan pekerjaan karena sebagian stake holder mensyaratkan status akreditasi. Status Akreditasi juga dapat meningkatkan minat calon mahasiswa untuk memilih dan menentukan program studi untuk melanjutkan pendidikan.

Pengumuman Hasil Seleksi Program Profesi, PPDS, dan Pascasarjana Semester Ganjil Tahap I Tahun Akademik 2017/2018

P E N G U M U M A N

Nomor : 3249/UN14/PD/2017

TENTANG

HASIL SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM PROFESI DAN PASCASARJANA UNIVERSITAS UDAYANA

SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2017/2018

 

Rektor Universitas Udayana telah menetapkan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Profesi dan Pascasarjana Universitas Udayana Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018, sesuai daftar nama terlampir.

1. Pengumuman Jadwal Pembayaran dan Registrasi dapat dilihat [ DISINI ]

2. Daftar Nama Peserta yang dinyatakan Lolos dapat dilihat [ DISINI ]

3. Biaya Pendidikan masing-masing Program Studi dapat dilihat pada lembar pembayaran setelah melakukan
Registrasi ON-LINE.

4. Petunjuk Pembayaran SPC di Bank BNI dapat dilihat [ DISINI ]

S2 Ilmu Hukum Unud Ikuti Proses Asesmen Lapangan BAN-PT

Denpasar (10/05/2017) – Tim Asesor BAN-PT melakukan asesmen lapangan ke Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Udayana dalam rangka reakreditasi Program Studi. Kegiatan yang bertempat di Aula lantai III Fakultas Hukum ini dihadiri Rektor Unud, Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Hukum, Wakil Dekan, Kaprodi Magister (S2) Ilmu Hukum, Para Guru Besar, Dosen dan Mahasiswa di lingkungan Prodi Magister Ilmu hukum serta para alumni. Tim Asesor BAN-PT yang bertugas pada kegiatan Asesmen lapangan ini adalah Prof. Dr. M Fauzan SH, M.Hum dari Universitas Negeri Jenderal Soedirman dan Dr. Dina Sunyowati, SH.,M.Hum dari Universitas Airlangga.

Rektor Unud, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika dalam sambutannya menyampaikan akreditasi adalah hal rutin yang dilakukan oleh institusi. Akreditasi merupakan potret prodi sepanjang tahun yang akan diperbaiki tiap tahunnya, dan masing-masing Program studi sudah mempersiapkan proses ini dengan sebaik-baiknya.  Pada akhir sambutannya, Rektor menyampaikan apresiasi kepada Tim Asesor dan Jajaran Fakultas Hukum yang sudah mempersiapkan kegiatan asesmen ini dengan baik. Tim Asesor juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada Pengelola Program Studi (S2) Ilmu Hukum dan jajarannya, agar pengembangan program studi menjadi lebih baik.

Prof. Dr. M Fauzan, SH.,M.Hum selaku perwakilan Tim Asesor menyampaikan Asesor mendapat tugas untuk menindaklanjuti borang yang sudah dikirim ke BAN-PT. Kegiatan ini menjadi ajang saling tukar menukar informasi tentang informasi akademis yang sudah disampaikan dalam borang. Lebih lanjut Prof. M Fauzan menyampaikan akreditasi adalah suatu hal penting dan merupakan suatu bentuk pengakuan bagi program studi, karena program studi setidaknya mendapat dua pengakuan, pertama pengakuan dari pemerintah melalui proses akreditasi dan kedua pengakuan masyarakat dalam bentuk minat masyarakat untuk masuk Program Studi. Apabila tidak mendapatkan pengakuan seperti akreditasi, maka berdampak kepada alumni yang kesulitan mendapatkan lapangan pekerjaan karena sebagian stake holder mensyaratkan status akreditasi. Status Akreditasi juga dapat meningkatkan minat calon mahasiswa untuk memilih dan menentukan program studi untuk melanjutkan pendidikan.

Ketua Program Studi Magister (S2) Ilmu Hukum berharap melalui proses asesmen lapangan yang sudah dipersiapkan dengan matang dapat meningkatkan status akreditasi dari B menjadi A.

1.064 Orang Bersaing Masuk Pascasarjana Unud

Denpasar –  Universitas Udayana melaksanakan ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana, Minggu  (07/05/2017) di Kampus Sudirman Denpasar. Ujian ini diikuti oleh 1.064 peserta untuk berbagai Program Studi baik S2, S3,  Spesialis dan Program Profesi. Materi Ujian meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris. Sebelumnya Sabtu (06/05/2017) telah dilaksanakan Tes Kemampuan Dasar dan  Wawancara di masing-masing Program Studi.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS yang hadir untuk memantau pelaksanaan ujian menyampaikan ada dua skema tes yang dilaksanakan dalam seleksi masuk pascasarjana yakni tes oleh program studi dan tes oleh universitas dengan bobot yang sudah ditetapkan melalui Pedoman Operasional Baku (POB). Tes ini dilakukan untuk melihat secara umum kemampuan dan potensi yang dimiliki calon mahasiswa. Prof. Damriyasa juga menyampaikan tes Kemampuan Bahasa Inggris yang diujikan sangat penting karena disamping berguna dalam penyusunan tesis juga untuk publikasi internasional. Melalui proses seleksi ini diharapkan mendapatkan calon-calon mahasiswa baru yang unggul dan berkualitas.

Ujian dilaksanakan mulai pukul 08.30 wita dan berakhir pukul 12.15 wita. Dari pantauan dilapangan hampir seluruh peserta yang mendaftar hadir mengikuti ujian. (HM)