Monthly Archives: October 2016

SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN AGRIBISNIS “Membangun Sistem Pertanian Berkelanjutan Melalui Penguatan Kelembagaan Sosio-Bisnis”

LATAR BELAKANG

Perubahan global yang disebabkan oleh pertambahan populasi penduduk dan meningkatnya aktivitas pariwisata dan ekonomi akan mengancam keberlajutan pertanian. Keberlanjutan pertanian juga dihadapkan dengan masalah semakin banyak petani yang mengolah pertaniannya hanya untuk mencapai profit maksimum, tanpa memperhatikan aspek ekologi dan sosial.

Idealnya pertanian bukan hanya merupakan aktivitas ekonomi untuk menghasilkan pendapatan bagi petani saja. Lebih dari itu, pertanian adalah sebuah cara hidup (way of life atau livehood) bagi sebagian besar petani di Indonesia. Oleh karena itu pembahasan mengenai sektor dan sistem pertanian harus menempatkan subjek petani, sebagai pelaku sektor pertanian secara utuh, tidak saja petani sebagai homo economicus, melainkan juga sebagai homo socius dan homo religius. Konsekuensi pandangan ini adalah dikaitkannya unsur-unsur nilai sosial-budaya lokal, yang memuat aturan dan pola hubungan sosial, politik, ekonomi, dan budaya ke dalam kerangka paradigma pembangunan sistem pertanian.

Mengingat pentingnya sistem pertanian berkelajutan, Program Magister Agribisnis Universitas Udayana di tahun 2016 akan menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Membangun Sistem Pertanian Berkelanjutan Melalui Penguatan Kelembagaan Sosio Bisnis”. Melalui Komunikasi ilmiah yang di sampaikan dalam seminar ini, diharapkan dapat menjadi salah satu sumbangsih dari dunia akademik dalam mendukung pelaksanaan pembangunan pertanian dan mewujudkan masa depan pertanian Indonesia yang lebih baik.

TUJUAN 

Seminar nasional dengan tema “Membangun Sistem Pertanian Berkelanjutan Melalui Penguatan Kelembagaan Sosio Bisnis”, bertujuan untuk menyediakan forum diskusi antar perguruan tinggi, peneliti, praktisi, kalangan industri dan pemerintah mengenai isu-isu dan informasi terkini terkait system pertanian berkelanjutan, sehingga diharapkan terwujudnya komunikasi yang bersinergi untuk memberikan sumbangsih dalam mewujudkan masa depan pertanian Indonesia yang lebih baik.

 

PEMBICARA UTAMA

  • Ir.Ida Bagus Wisnuardhana, M.Si (Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Holtikultura Provinsi Bali).
  • Prof. Dr.Ir. Masyhuri (Guru Besar Fakultas Pertanian UGM).
  • Prof. Dr.Ir. Wayan Windia,SU (Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Udayana/Ketua Pusat Kajian Subak Universitas Udayana).
  • Prof. Ir. Ratya Anindita, MS., Ph.D (Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya)

WAKTU DAN TEMPAT

Hari & Tanggal         : Sabtu 19 November 2016

Waktu                         : 08.00 – 16.00 wita

Tempat                       : Aula Pascasarjana Lantai 3 Universitas Udayana,

                                  JL.PB Sudirman Denpasar

PENDAFTARAN DAN PEMBAYARAN

 

            Formulir Pendaftaran dapat di download di web Pascasarjana UNUD dan formulir yang telah di isi di kirim kembali ke email panitia arisenakorri@yahoo.co.id  atau gedekorri@gmail.com

 

No Peserta Biaya (Rp)
1 Pemakalah 350.000
2 Non Pemakalah 250.000
3 Poster 250.000
4 Peserta 100.000

                                     

          Pembayaran biaya seminar dapat dilakukan secara langsung ke sekertariat panitia atau melalui transfer ke:

  • No Rekening : 0017-01-000479-53-1
  • Atas Nama : Gede Mekse Korri Arisena
  • Bank : BRI

          Panitia tidak mengembalikan biaya pendaftaran jika terjadi pembatalan mengikuti seminar

          CONTAC PERSON

  • Gede Korri (081944964138)
  • Wulandira (08123625151)
  • Udayani (081338976699)

arisenakorri@yahoo.co.id  atau gedekorri@gmail.com

Formulir Pendaftaran dan Brosur Seminar dapat Download dibawah ini

format-abstrak

formulir-pendaftaran-pesertar

template-poster

browsur

brosur-depanbrosur-belakang

Trisna Agung Phabiola : ” IDENTIFIKASI VIRUS DAN FAKTOR EPIDEMI PENYEBAB PENYAKIT MOZAIK VIEN BANDING PADA TANAMAN KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS, L.) DI BALI “

Rabu, 12 Oktober 2016. Program Pascasarjana kembali mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor atas nama Promovenda Trisna Agung Phabiola, SP.,M.Si dari Program Doktor Ilmu Pertanian dengan disertasinya yang berjudul ” IDENTIFIKASI VIRUS DAN FAKTOR EPIDEMI PENYEBAB PENYAKIT MOZAIK VIEN BANDING PADA TANAMAN KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS, L.) DI BALI “. Acara sidang ini dipimpin oleh Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S(K).

img_4381Dalam disertasinya dinyatakan bahwa Kacang Panjang (Vigna sinensis, L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang banyak ditanam di lndonesia. Pada musim tanam 2014 terdapat gejala penyakit rnosaik vein banding pada tanaman kacang panjang yang dinfeksi virus sehingga menyebabkan produksi kacang panjang menjadi menurun.Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui jenis gejala dan kejadian penyakit mosaik vein banding pada tanaman kacang panjang di Bali. (2) Mengidentifikasi virus penyebab penyakit mosaik vein banding pada tanaman kacang panjang di Bali.(3) Mempelajari faktor epidemi yang terlibat dalam perkembangan penyakit mosaik vein banding pada tanaman kacang panjang di Bali.

Pada penelitian ini dilakukan survei tanaman bergejala mosaic vein banding dan kejadian penyakit di 8 kabupaten di Bali. Mendeteksi virus dilakukan dengan melihat bentuk partikel virus nya dibawah rniksroskop electron, uji serologi dengan Elisa, uji molukuler dengan teknik RT-PCR untuk mendeteksi virus tanaman dan dilanjutkan dengan perunutan sikuen nukleotida untuk analisis kedekatannya dengan beberapa isolat dari Gene Bank. Dalam penelitian ini ditelusuri faktor-faktor epedemi yang terlibat dalam perkembangan virus rnosaik vein banding ini, apakah virus dapat ditularkan secara rnekanis, melalui benih, dan ataukah melalui serangga vektor. Beberapa jenis gulma yang ditemukan di sekitar pertanaman kacang panjang mempunyai kemungkinan sebagai sumber inokulurn di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis Potyvirus yang menginfeksi tanaman kacang di Bali dengan gejala mosaik vein banding adalah Bean common mosaic virus (BCMV) yang memiliki ukuran pita RNA sekitar 650 bp, dan berdasarkan analisis pilogenetika sikuen nukleotida gen coat protein, isolat Bali memiliki similaritas yang tinggi (97,3) dengan isolat lndonesia (isolat Jawa Barat). Faktor Epidemi penyakit rnosaik vein banding yang berpengaruh adalah varietas tanaman kacang panjang yang rentan seperti varietas KPK, AURA, Pusaka Hijau, Panah Merah dan benih dari petani, pemakaian benih yang sudah terkontaminasi oleh virus (seed borne) dan serangga vektor yang positif dapat menularkan virus BCMV seperti Aphis craccivora, Aphi, gosypii dan Myzus persicae. Beberapa jenis tanaman budidaya dan gulrna yang diinokulasi secara mekanis dengan virus BCMV menunjukkan hasil yang positip pada tanaman buncis, tomat mentimun, bayam dan bunga pacar, sedangkan gulrna positip terinfeksi virus BCMV adalah Ageratum conyzaides, Ipomia triloba dan Drimitia cordata. (pps.unud/IT)

Pembekalan Bagi Penerima BUDI Dalam Negeri Tahun 2016

Direktorat Kualifikasi Sumber Daya Manusia, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) akan menyelenggarakan pembekalan bagi penerima Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Dalam Negeri Tahun 2016. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh penerima BUDI DN Tahun 2016.

Mengingat pentingnya acara tersebut, mohon peserta hadir tepat waktu dan membawa dokumen yang dibutuhkan sebagai dasar pencairan dana beasiswa bagi masing-masing penerima. Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Unduhan : Surat Pembekalan Penerima BUDI DN Tahun 2016

Informasi Pendaftaran Wisuda UNUD Periode ke-119

wis