Monthly Archives: July 2016

Perpanjangan Beasiswa Doktor angkatan 2013

Dalam peningkatan layanan bagi dosen tetap pada perguruan tinggi di lingkungan Kemenristek dan Dikti penerima Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN), Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti (SDID) menyediakan perpanjangan beasiswa bagi mahasiswa program S3 (Doktor) angkatan tahun 2013 semster ke-7 dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Masih aktif studi dan melakukan penelitian;
  2. Telah lulus seminar/ujian proposal penelitian disertasi;
  3. Telah melakukan publikasi karya ilmiah dalam bentuk prosiding seminar;
  4. Mengunggah laporan kemajuan studi sebagaimana dimaksud pada diktum 2 dan 3 yang ditandatangani promotor dan kaprodi pada laman http://studi.dikti.go.id mulai tanggal 1 s.d. 17 Agustus 2016.

825-Perpanjangan studi program doktor thn 2013 semester 7

Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Baru Program Profesi dan Pascasarjana Tahap 2 Semester Ganjil Tahun 2016

Rektor Universitas Udayana telah menetapkan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Profesi dan Pascasarjana Universitas Udayana Semester Ganjil Tahap II Tahun Akademik 2016/2017, sesuai rincian berikut ini :

1. Pengumuman Jadwal Pembayaran dan Registrasi dapat dilihat [ DISINI ]

2. Daftar Nama Peserta yang dinyatakan Lolos dapat dilihat [ DISINI ]

3. Biaya Pendidikan masing-masing Program Studi dapat dilihat [ DISINI ]

4. Petunjuk Pembayaran SPC di Bank BNI dapat dilihat [ DISINI ]

Ayu Manik : ” SUPLEMENTASI MINYAK HATI IKAN KOD PADA PAKAN KOMERSIAL UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN DAN PERFORMA REPRODUKSI KELINCI (Lepus sp.) JANTAN LOKAL “

Senin, 11 Juli 2016. Program Pascasarjana kembali mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor atas nama Promovenda Dra. Ni Gusti Ayu Manik Ermayanti, M.Si dari Program Doktor Ilmu Peternakan dengan disertasinya yang berjudul SUPLEMENTASI MINYAK HATI IKAN KOD PADA PAKAN KOMERSIAL UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN DAN PERFORMA REPRODUKSI KELINCI (Lepus sp.) JANTAN LOKAL “. Acara sidang ini dipimpin oleh Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S(K).

IMG_0643 Promovenda Dra. Ni Gusti Ayu Manik Ermayanti, M.Si mempresentasikan Disertasi pada ujian Promosi Doktor

Dalam disertasinya dinyatakan bahwa Kelinci sebagai komoditas peternakan mempunyai potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sebagai usaha peternakan. Kendala umum yang sering terjadi pada usaha peternakan kelinci adalah keterbatasan dalam memperoleh pejantan unggul. Untuk mendapatkan pejantan sehat dan memiliki performa reproduksi yang baik dapat dilakukan dengan penambahan nutrien esensial pada pakan komersial, salah satunya adalah penambahan minyak hati ikan  kod. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon pertumbuhan, profil lipid, nilai hematologi, dan performa reproduksi kelinci jantan lokal yang diberi pakan komersial disuplementasi minyak hati ikan kod.

Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan pakan, yaitu pakan komersial tanpa minyak hati ikan kod (P-O) sebagai kontrol, pakan komersial disuplementasi minyak hati ikan kod 1,5% (P-l), pakan komersial disuplementasi minyak hati ikan kod 3 %(P-2), pakan komersial di suplementasi minyak hati ikan kod 4,5% (P-3). Masing-masing perlakuan terdiri atas delapan ekor kelinci sebagai ulangan dan perlakuan diberikan mulai kelinci berumur 13 minggu sampai umur 25 minggu. Variabel yang diamati adalah berat badan awal, berat badan akhir, pertambahan berat badan, konsumsi pakan, konversi pakan, kadar kolesterol, kadar trigliserida, kadar LDL, kadar HDL, jumlah eritrosit, jumlah leukosit, jumlah trombosit, kadar hemoglobin, nilai hematokrit, kadar FT, kadar NO, berat testis, berat penis, berat kelenjar asesori, konsentrasi spermatozoa, jumlah motilitas spermatozoa, jumlah viabilitas spermatozoa, jumlah morfologi spermatozoa normal, jumlah sel Leydig testis, jumlah sel spermatogenik testis, dan diameter korpus kavernosum penis. Data yang diperoleh dianalisis dengan One Way Anova untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan pakan dan kontrol jika berbeda dilakukan uji lanjut dengan Duncan ‘s Multiple Range Test (DMRT).

Berdasarkan hasil analisis statistik didapatkan hasil bahwa dengan suplementasi minyak hati ikan kod pada pakan komersial terdapat perbedaan yang nyata (P<0,05) dibandingkan dengan kontrol terhadap berat badan akhir, pertambahan berat badan, konsumsi pakan, konversi pakan, kadar kolesterol, kadar trigliserida, kadar LDL, kadar HDL, jumlah eritrosit, jumlah leukosit, jumlah trombosit, kadar hemoglobin, nilai hematokrit, kadar FT, kadar NO, berat testis, berat penis, berat kelenjar asesori, konsentrasi spermatozoa, jumlah motilitas spermatozoa, jumlah viabilitas spermatozoa, jumlah spermatozoa dengan morfologi normal, jumlah sel Leydig testis, jumlah sel spermatogenik testis, dan diameter korpus kavernosum penis.

Disimpulkan bahwa dengan suplementasi minyak hati ikan kod sampai taraf 4,5% pada pakan komersial mampu meningkatkan respon pertumbuhan, memperbaiki profil lipid, mempertahankan nilai hematologi normal dan meningkatkan performa reproduksi kelinci jantan lokal daripada tanpa suplementasi (kontrol). (pps.unud/IT)

Rai Suarni : ” SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIAL DENGAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera)UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRODUKSI KELINCI( Lepus sp.) JANTAN “

IMG_0566 Promovenda Dra. Ni Made Rai Suarni, M.Si mempresentasikan Disertasi pada ujian Promosi Doktor

Jumat, 1 Juli 2016. Program Pascasarjana kembali mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor atas nama Promovenda Dra. Ni Made Rai Suarni, M.Si dari Program Doktor Ilmu Peternakan dengan disertasinya yang berjudul SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIAL DENGAN TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRODUKSI KELINCI( Lepus sp.) JANTAN “. Acara sidang ini dipimpin oleh Prof. Made Sudiana Mahendra, Ph.D.

Dalam disertasinya dinyatakan bahwa Kelor (Moringa oleifera) merupakan tanaman perdu yang banyak dijumpai di lndonesia sebagai tanaman pagar dan memiliki banyak manfaat antara lain sebagai sayuran dan bahan obat tradisional. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak substitusi pakan komersial dengan tepung daun kelor terhadap kemampuan reproduksi kelinci jantan. Dua puluh empat ekor kelinci jantan yang berumur empat bulan dengan berat rata-rata 1200g digunakan dalam penelitian ini. Empat perlakuan dalam penelitian ini yaitu pakan komersial dengan 0% tepung daun kelor (KO) sebagai kontrol,dan pakan komersial dengan 15% (Kl), 30%(K2) dan 45%(K3) tepung daun kelor. Masing-masing perlakuan terdiri atas 6 ulangan. Perlakuan dilakukan selama 2 bulan. Peubah yang diamati adalah: uji kawin, perfoma (berat badan, rata-rata konsumsi/hari dan konversi pakan), kadar MDA, kadar hormon testosteron dalam darah, berat organ reproduksi (testis dan kelenjar asesori) kualitas dan kuantitas spermatozoa (motilitas, viabilitas, integritas membran spermatozoa, morfologi spermatozoa dan jumlah spermatozoa), gambaran histologi testis (jumlah epitel tubulus seminiferus, tinggi epitel tubulus seminiferus, diameter tubulus seminiferus, jumlah sel Leydig). Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi pakan komersial dengan tepung daun kelor mampu meningkatkan kemampuan reproduksi kelinci jantan.

IMG_0578 Prof.Ir.I Gst. Lanang Oka, M.Agr.Sc. Ph.D menyerahkan penghargaan kepada Promovenda Dra. Ni Made Rai Suarni, M.Si sebagai tanda lulus ujian terbuka program doktor

Substitusi pakan komersial dengan tepung daun kelor sampai 45% mampu meningkatkan berat badan akhir, berat organ reproduksi (testis dan kelenjar asesori) kualitas dan kuantitas spermatozoa (motilitas, viabilitas, integritas membran spermatozoa, jumlah spermatozoa, morfologi spermatozoa), histologi testis (jumlah epitel tubulus seminiferus, tinggi epitel tubulus seminiferus, diameter tubulus seminiferus, jumlah sel Leydig), profil hormon testosteron disamping mampu menurunkan kadar MDA darah kelinci jantan (P<0,05). Kandungan optimal tepung daun kelor dalam pakan komersial dalam penelitian ini adalah 30% karena substitusi pakan komersial dengan 45% tepung daun kelor mulai terjadi penurunan tetapi masih lebih tinggi dari kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tepung daun kelor sampai 45% dapat digunakan sebagai pengganti pakan komersial untuk meningkatkan kemampuan reproduksi kelinci jantan. Untuk mendapatkan pejantan yang memiliki kemampuan reproduksi yang maksimal sebaiknya menggunakan substitusi pakan komersial dengan tepung daun kelor sebanyak 32,31% – 35,07%. (pps.unud/IT)