Monthly Archives: March 2013

Kolaborasi Seminar antara Ibaraki University dengan Universitas di Indonesia

Kolaborasi antara Ibaraki University, Jepang, dan Universitas Indonesia (IPB, UGM dan Unud) telah berdiri sejak tahun 2004. Beberapa kegiatan akademik bersama seperti kuliah gabungan (musim panas dan musim dingin kursus), seminar bersama dan lokakarya, mahasiswa dan pertukaran staf, penelitian kolaboratif dan program gelar ganda di jalur utama telah dan sedang dilakukan. Namun, kerjasama ini masih terfokus dan terbatas dalam bidang pertanian. Sebagai MoU antara IPB, UGM, dan Unud dan Ibaraki University telah ditandatangani, itu adalah kebutuhan untuk memperkuat dan memperluas ruang lingkup kerjasama di bidang teknik, humaniora dan ilmu-ilmu dasar. Untuk tujuan ini, Workshop Kolaborasi Pendidikan Internasional dilaksanakan di Ibaraki University, Mito Kampus pada 22 November 2012 yang dihadiri oleh delegasi dari Ibaraki, Utsunomiya University, Tokyo University of Agriculture and Technology, Chiba University (Jepang), Institut Pertanian Bogor, Universitas Udayana , Universitas Gajahmada (Indonesia) dan beberapa perguruan tinggi dari Thailand dan Vietnam.

Untuk memperkuat ikatan akademik tersebut, para delegasi dari Universitas Ibaraki akan mengunjungi Universitas Udayana Bali, Indonesia, untuk menghadiri seminar bidang akademik tersebut. Seminar ini bertujuan sebagai bursa kegiatan penelitian antara Universitas Ibaraki dan universitas di Indonesia, menawarkan peluang untuk bertatap muka secara langsung antara dosen, peneliti, dan mahasiswa, membangun jaringan antar  peserta dalam hal mempromosikan kolaborasi dalam penelitian dan pendidikan, dan mendiskusikan pengembangan program untuk kerjasama masa depan. Seminar ini akan diadakan di Program Pascasarjana, Universitas Udayana, Jl. PB. Sudirman Denpasar Bali, Indonesia pada tanggal 15 s.d 16 Maret 2013.

Ibaraki University  mengirimkan 10 anggota termasuk Prof. Mimura sebagai pemimpin delegasi. Anggota berasal dari Sekolah Tinggi Humaniora dan Ilmu Sosial, Ilmu, Teknik, Pertanian, Institute for Global Change Adaptation Science (ICAS), International Student Center, dan dua petugas dari Administrasi Bureu. IPB dan UGM mengirimkan  2-4 peserta dan peserta dari Unud sekitar 20-25 orang dari Fakultas Pertanian, Fakultas Sastra, Fakultas Teknik dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Yudisium Pascasarjana

Rabu, 20 Maret 2013 Program Pascasarjana Unud melepas calon wisudawan dalam acara Yudisium yang Ke – 68, Periode Ke – II. Acara ini dilangsungkan di Aula Pasca Lt. III Gedung Pasca – Kampus Sudirman Denpasar. Pada Yudisium kali ini, dilepas oleh Direktur Pascasarjana Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) sebanyak 57 orang calon wisudawan, yaitu 10 orang dari  Program Studi Doktor (S3) dan 47 orang dari Program Studi Magister.

Pada kesempatan ini, Direktur memberikan penghargaan kepada 5 orang yang dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude, yaitu 2 orang dari Program S3 dan 3 orang dari Program S2 atas nama :

  1. Dr. Ir. I Made Sudarma, MS., dengan IPK 3,94 dari Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi.
  2. Dr. Drs. Made Kerta Adhi, M.Pd., dengan IPK 3,75 dari Program Studi DoktorKajian Budaya.
  3. Gede Ngurah Surya Nadinata, dengan IP kumulatif: 3,96 dari program studi Magister Kajian Pariwisata.
  4. Mahmud Siswanto, dengan IP kumulatif: 3,95 dari program studi Magister Kedokteran Hewan.
  5. I G. P Fajar Pranadi Sudhana, S.Kom., dengan IP kumulatif: 3,95 dari program studi Magister Teknik Elektro.

Sampai saat ini Program Pascasarjana Universitas Udayana telah berhasil menamatkan 4.526 orang magister dan 289 orang doktor. Jumlah tersebut sudah termasuk calon wisudawan yang akan diyudisium dan dilepas oleh Ibu Direktur pada acara ini. Sedangkan jumlah mahasiswa yang tercatat masih aktif kuliah di berbagai program studi yang ada di program pascasarjana sampai saat ini adalah 2.846 orang mahasiswa yang sedang menempuh program magister dan 636 orang yang sedang menempuh program doktor.

Info Beasiswa Dikti

Dalam rangka peningkatan proses efektifitas proses seleksi dan kualitas layanan penyediaan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri ( BPP-DN ), mulai tahun 2013 ini Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan akan menggabungkan dua skema beasiswa dalam negeri yang ada saat ini, yaitu Beasiswa Pendidikan Pascasarjana  ( BPPS ) dan Beasiswa Unggulan ( BU ) dalam negeri menjadi Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri ( BPP-DN ) untuk dosen, calon dosen, dan tenaga kependidikan.

Hal tersebut tentunya akan berdampak pada sistem pendaftaran online, sehingga akan dilakukan pengintegrasian/penyatuan pendaftaran kedalam satu sistem yang akan segera bisa diakses pada laman http://beasiswa.go.id/dn.

 

Sumber : http://dikti.go.id

 

Bimtek Kearsipan PPs. Unud

Menindaklanjuti hasil dari workshop tentang pengelolaan arsip inaktif di PPs. Unud sebelumnya, maka pada hari ini, Selasa 5 Maret 2013 diselenggarakan bimbingan teknis ( Bimtek ) yang dipandu oleh para praktisi / arsiparis dari Pusat Arsip Unud. Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Made Budiarsa, MA.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan secara langsung tentang tata cara pengarsipan dokumen dengan tepat dan benar sesuai dengan aturan – aturan yang berlaku, sehingga nantinya dapat diterapkan di unit – unit kerja masing – masing. Pada kesempatan ini para praktisi menjelaskan tahapan -tahapan dalam pengelolaan kearsipan dan dipraktekkan langsung oleh para peserta yang merupakan perwakilan dari masing – masing program studi di PPs. Unud. Tahapan – tahapan tersebut yaitu ; tahap pemilahan, pemberkasan / pengelompokan arsip, pendeskripsian, pembuatan skema pengelompokan arsip, manuver kartu deskripsi, penomoran definitif kartu deskripsi, manuver berkas, penomoran berkas, pembungkusan berkas, penempatan berkas dalam boks, pelabelan boks dan penempatan boks, serta pembuatan daftar arsip.Dalam kesempatan ini para peserta diberikan beberapa contoh material seperti boks, amplop dan label yang langsung diuji coba dengan berkas – berkas yang dibawa oleh para peserta.