Monthly Archives: January 2013

Info Penerimaan Mahasiswa Baru

Pada semester ganjil T.A. 2013/2014, Program Pascasarjana Universitas Udayana membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru Program Pascasarjana, Program Dokter Spesialis (PPDS) Combined Degree dan Profesi. Adapun jadwal dari penerimaan mahasiswa baru tersebut adalah sebagai berikut : 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Adapun Program Studi yang  menerima mahasiswa baru antara lain :

Pendaftaran dapat dilakukan secara online di :

http://pendaftran-pasca.unud.ac.id, berkas pendaftaran diserahkan ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Unud yang bertempat di Gedung Pasca Lt. 1 Kampus Sudirman Denpasar, Telp. (0361) 223797.

 

 

Info Sandwich Like 2013

Tahun 2013 ini DIKTI kembali memberikan kontribusi dosen di tingkat internasional melalui publikasi karya ilmiah dalam jurnal bertaraf internasional. Guna menhasilkan publikasi tersebut dipandang perlu untuk melakukan penguatan pascasarjana dalam negeri, dengan menerapkan model pencangkokan / magang ke beberapa pembimbing bertaraf internasional di luar negeri ( sandwich-like). Sehubungan dengan hal tersebut, dan telah selesainya Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Publikasi yang dilaksanakan pada Desember Tahun 2012 DIKTI memberikan kesempatan kepada semua dosen tetap dari PTN / PTS di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sedang terdaftar dan aktif sebagai mahasiswa Program Doktor (S3) di Program Pascasarjana Peneyelenggra BPPS.

Syarat – syarat dan ketentuan Sandwich-Like 2013

Pedoman Sandwich-Like Luar Negeri 

FORMULIR  A_BLN

Info Pasca

Program Pascasarjana UNUD pada tahun 2013 ini berkomitmen untuk meraih sertifikat ISO 9001:2008. Hal ini bertujuan agar Pascasarjana UNUD mempunyai prosedur standar operasional di level internasional, mutu internal akan meningkat sehingga diharapkan mutu eksternal juga meningkat. Hal ini disampaikan oleh Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Dr. A. A. Raka Sudewi, Sp.S(K) pada Pelatihan dan Workshop Pengembangan serta Penerapan Sistem Manajemen Mutu Sesuai dengan ISO 9001 : 2008 di Aula Lantai III Gedung Pascasarjana pada tanggal 7 s.d 9 Januari 2013 yang dihadiri oleh stakeholder yang ada di Pascasarjana UNUD.

Ketua Panitia Pelaksana ISO Dr. dr. Putu Sutirtayasa, M.Si menyatakan pentingnya pelatihan dan workshop tersebut agar mampu menyusun standar mutu berdasarkan ISO. Target yang diharapkan adalah tersusun dan teraplikasinya sistem manajemen mutu yang bertaraf internasional. Penyusunan ISO ini akan berlangsung sampai bulan Juni 2013.

Pada acara ini juga dihadiri oleh Rektor Unud yang diwakili oleh Ketua BPMU Prof. Wayan Windia yang menyatakan melalui ISO UNUD berupaya untuk meningkatkan kualitas dalam pelayanan. Program ISO yang akan diikuti sebagai penegasan kembali sikap UNUD dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan di tingkat nasional maupun internasional. Prof Windia juga menjelaskan bahwa berdasarkan hasil dari tracer study ditemui bahwa sistem pelayan birokrasi dan pelayan kesehatan di UNUD dinilai masih kurang baik, sedangkan untuk pelayan akademik sudah bagus. Saat ini UNUD juga sudah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) yang mana kita dituntut harus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada publik.

Dalam penerapan ISO ini Program Pascasarjana akan didampingi oleh  Konsultan Senior ISO Iman Mujib Ahmad. Bapak Iman mengungkapkan bahwa Pascasarjana UNUD optimis akan memperoleh sertifikasi ISO ini asalkan adanya persamaan persepsi antara stakeholder yang ada didalamnya.

Sumber : Suara Udayana Edisi Desember 2012 – Januari 2013

Info BPPS Dikti

Direktorat Jenderal DIKTI telah menyetujui usulan   Program Studi Penyelenggara BPPS dari Program Pascasarjana UNUD sebanyak 10 ( sepuluh ) program studi  sebagai Penyelenggara BPPS mulai tahun 2013, antara lain :

  1. S3 Ilmu Pertanian
  2. S2 Ilmu Peternakan
  3. S2 Akuntansi
  4. S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
  5. S2 Kimia Terapan
  6. S2 Kedokteran Hewan
  7. S2 Teknik Elektro
  8. S2 Kenotariatan
  9. S2 Teknik Mesin
  10. S2 Teknik Arsitektur

Surat Edaran DIKTI

Untuk informasi yang lebih lengkap dapat menghubungi sekretariat PPs. Unud.

Yudisium PPs. Unud yang ke-67, Periode I Tahun 2013

Di awal tahun 2013 Program Pascasarjana Universitas Udayana melaksanakan acara Yudisium ke – 67, Periode – I pada hari Kamis, 3 Januari 2013 bertempat di Aula Lantai III Gedung Pasca Kampus Sudirman Denpasar.

Pada Yudisium kali ini Direktur PPs. Unud melepas sebanyak 103 calon Wisudawan, 12 orang dari Program studi Doktor (S3) dan 91 orang dari Program Magister (S2). Pada kesempatan ini Direktur menyerahkan penghargaan kepada 3 (tiga) calon wisudawan dari program magister yang memperoleh peringkat IPK tertinggi di antaranya :

  1. I Ketut Catur Marbawa dengan IPK : 3,96    dari program studi   magister Ilmu   Lingkungan.
  2. Ni Kadek Yunita Sari, S.Si., dengan IPK : 3,90   dari program studi   magister Ilmu   Biologi.
  3. Ni Putu Rianasari, SS., dengan IPK : 3,90   dari   program studi magister Linguistik.

Sedangkan dari program studi doktor terdapat 6 (enam) calon wisudawan yang memperoleh peringkat IPK tertinggi antara lai :

  1. Dr. Dra. Ni Putu Adriani Astiti, M.Si., dengan IPK 3,89 dari PS. Doktor Ilmu Pertanian.
  2. Dr. Ir. I Made Nuriyasa, MS., dengan IPK 3,88 dari PS. Doktor Ilmu Peternakan.
  3. Dr. Ir. I Gst. Nym. Gde Bidura, MS., dengan IPK 3,88 dari PS. Doktor Ilmu Peteranakan.
  4. Dr. Dra. Retno Kawuri, M.Phil., dengan IPK 3,88 dari PS. Doktor Ilmu Pertanian.
  5. Dr. Drs. I Nyoman Sukendra, M.Hum., dengan IPK 3,77 dari PS. Doktor Ilmu Linguistik.
  6. Dr. Ir. I Gusti Ngurah Priambadi, MT., dengan IPK 3,76 dari PS. Doktor Ilmu Kedokteran.

Sampai saat ini PPS Unud telah menamatkan sebanyak 4.479 orang magister dan 279 orang doktor, sudah termasuk yang dilepas oleh Ibu Direktur pada pagi hari ini. Sedangkan jumlah karya siswa yang masih aktif kuliah adalah 2.794 orang magister dan 646 orang doktor.Di awal tahun 2013 Program Pascasarjana Universitas Udayana melaksanakan acara Yudisium ke – 67, Periode – I pada hari Kamis, 3 Januari 2013 bertempat di Aula Lantai III Gedung Pasca Kampus Sudirman Denpasar. Pada Yudisium kali ini Direktur PPs. Unud melepas sebanyak 103 calon Wisudawan, 12 orang dari Program studi Doktor (S3) dan 91

orang dari Program Magister (S2). Pada kesempatan ini Direktur menyerahkan penghargaan kepada 3 (tiga) calon wisudawan dari program magister yang memperoleh peringkat IPK tertinggi di antaranya :

  1. I Ketut Catur Marbawa dengan IPK : 3,96 dari program studi magister Ilmu Lingkungan.
  2. Ni Kadek Yunita Sari, S.Si., dengan IPK : 3,90 dari program studi magister Ilmu Biologi.
  3. Ni Putu Rianasari, SS., dengan IPK : 3,90 dari program studi magister Linguistik.

Sedangkan dari program studi doktor terdapat 6 (enam) calon wisudawan yang memperoleh peringkat IPK tertinggi antara lai :

  1. Dr. Dra. Ni Putu Adriani Astiti, M.Si., dengan IPK 3,89 dari PS. Doktor Ilmu Pertanian.
  2. Dr. Ir. I Made Nuriyasa, MS., dengan IPK 3,88 dari PS. Doktor Ilmu Peternakan.
  3. Dr. Ir. I Gst. Nym. Gde Bidura, MS., dengan IPK 3,88 dari PS. Doktor Ilmu Peteranakan.
  4. Dr. Dra. Retno Kawuri, M.Phil., dengan IPK 3,88 dari PS. Doktor Ilmu Pertanian.
  5. Dr. Drs. I Nyoman Sukendra, M.Hum., dengan IPK 3,77 dari PS. Doktor Ilmu Linguistik.
  6. Dr. Ir. I Gusti Ngurah Priambadi, MT., dengan IPK 3,76 dari PS. Doktor Ilmu Kedokteran.

Sampai saat ini PPS Unud telah menamatkan sebanyak 4.479 orang magister dan 279 orang doktor, sudah termasuk yang dilepas oleh Ibu Direktur pada pagi hari ini. Sedangkan jumlah karya siswa yang masih aktif kuliah adalah 2.794 orang magister dan 646 orang doktor.