Monthly Archives: November 2012

Info Dikti Tentang Penataan Program Doktor

Sesuai peraturan presiden No 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), jenjang Doktor(S3) berada pada tingkat (level) 9 dengan “learning outcomes” : mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesional melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original dan teruji; mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuian, teknologi dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner; dan mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. Sehubungan dengan hal tersebut maka perguruan tinggi harus menata ulang Pendidikan Doktor sehingga memenuhi ketentuan perundangan.

  1. Edaran Dirjen Dikti Nomor : 152/E/T2012 tanggal 27 Januari 2012 perihal Publiksai Karya Ilmiah, merupakan salah satu bentuk ketegasan komitmen untuk mematuhi perundangan dimaksud diatas.
  2. Mulai tahun 2013 Ditjen Dikti hanya akan memberikan beasiswa kepada dosen dan calon dosen yang melanjutkan pendidikan Doktor di program studi yang terbukti mampu menghasilkan publikasi sebagaimana Edaran Dirjen Dikti Nomor :   152/E/T2012 tanggal 27 Januari 2012 perihal Publiksai Karya Ilmiah.
  3. Ditjen Dikti sedang mempertimbangkan untuk meninjau ulang ijin Program Studi Doktor yang tidak mampu menghasilkan publikasi.

Sumber : http://dikti.go.id

 

Penyempurnaan Kurikulum pada Program Studi Magister (S2) Ilmu Hukum

Antisipasi Perubahan Global

Universitas Udayana sebagai perguruan tinggi yang terkemuka di Bali, berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik menuju World Class University. Dalam rangka mengantisipasi berbagai perubahan, baik yang terjadi akibat perubahan dunia maupun tuntutan masyarakat, maka Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum UNUD terus menerus melakukan penyempurnaan dalam kurikulum.

Pertemuan Dengan Stakeholders

Senin, 26 Nopember 2012, Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum UNUD menyelenggarakan pertemuan dengan Stakeholders dalam rangka penyempurnaan kurikulum Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum UNUD. Asisten Direktur I Prof. Dr. I Made Budiarsa,MA., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penerapan KBK di PPs UNUD, oleh karena itu kurikulum di Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum UNUD disempurnakan sesuai dengan Buku Panduan Program Magister Tahun 2012.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang stakeholders yang meliputi  Ketua Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum UNUD, para dosen, mahasiswa, alumni (dosen, pemerintahan, jaksa, polisi, hakim, pengacara, dll.).

Workshop

Di hari kedua, Selasa 27 Nopember 2012 acara dilanjutkan dengan Workshop Penyempurnaan Kurikulum yang diikuti oleh para dosen pengajar Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum UNUD. Adapun target kegiatan ini yakni melahirkan revisi Buku Panduan Program Magister (S2) Imu Hukum yang terakhir diterbitkan Tahun 2008.

Penyempurnaan Kurikulum ini penting karena  a. Telah diterbitkan dan berlakunya Buku PanduanProgram Magister PPs UNUD 2012, b. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, c. UU no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, d.  UU Pendidikan Tinggi Tahun 2012, e. Kepmendiknas 045/2002 tentang KBK, f. Rekomendasi Dikti (Akreditasi) dan g. Penambahan Konsentrasi baru yaitu Hukum Kepariwisataan.

Direktur PPs UNUD Prof.Dr.dr. A.A. Raka Sudewi,Sp.S(K) mengapresiasi sangat tinggi kegiatan ini sehingga PPs diharapkan selalu meningkatkan mutu akademik sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP), dalam rangka menuju ISO di Tahun 2013, serta mencapai visi, misi Universitas Udayana, terutama dalam menciptakan profile lulusan yang sesuai dengan Pola Ilmiah Pokok UNUD yaitu lulusan yang Mandiri, Unggul dan Berbudaya.

Wawasan Internasional

Sebagai salah satu wujud Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum UNUD untuk  mengantisipasi perubahan global di bidang hukum, telah diselenggarakan beberapa kali kuliah umum pada tahun 2012 yang diberikan oleh dosen tamu yang bertaraf internasional dari Maastricht University-The Netherlands.  Pada tanggal 27 Agustus 2012 yang lalu Kuliah Umum tentang Hukum Komersial yang bertemakan  International Commercial Law oleh. Dr. Nicole Kornet Ba.LLB(Hons)LLM dan  International Human Right Of Woman oleh. Dr. Ingrid Westendorp yang diselenggarakan tanggal 7 Nopember 2012 yang lalu.

Info Seleksi Mahasiswa Baru Semester Genap 2012

Program Pascasarjana, PPDS Combined Degree dan Profesi Universitas Udayana akan melaksanakan Seleksi TPA dan TOEFL Penerimaan Mahasiswa Baru semester genap T.A. 2012 pada hari Sabtu, 1 Desember 2012. Seleksi akan dilaksanakan di Kampus Sudirman – Denpasar yaitu di Aula Lantai 3 Gedung Pasca, Gedung Fakultas Kedokteran, dan di Gedung Lab Bahasa Unud. Adapun daftar peserta dan ruangan dapat diakses pada link dibawah ini.

Bagi seluruh peserta ujian yang sudah terdaftar diharapkan dapat mengikuti sesuai dengan aturan – aturan dari Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Seminar Kerjasama S3 Ilmu Kedokteran dengan Prodia

Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Program Pascasarjana Universitas Udayana bekerjasama dengan Laboratorium Klinik Prodia mengadakan seminar pada hari Rabu, 14 Nopember 2012 yang bertempat di Aula Lantai 3 Gedung Pascasarjana dengan tema ” PERANAN LABORATORIUM DALAM MENUNJANG PENELITIAN DI PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU KEDOKTERAN PASCASARJANA UNUD “. Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. I Made Budiarsa, MA selaku Asisten Direktur I yang di dampingi oleh Dr. dr. I Wayan Putu Sutirta Yasa, M.Si selaku Ketua PS. Ilmu Kedokteran. Dari pihak Prodia diwakili oleh Ibu Dr. Wiwik Rositawati, M.Si.,Apt selaku Research Support Manager Laboratorium Klinik Prodi yang sekaligus sebagai pembicara pada seminar ini. Seminar ini diikuti oleh mahasiswa dan stakeholder di Program Doktor Ilmu Kedokteran.

Dalam seminar ini pembicara banyak memaparkan tentang peranan Prodia dalam memfasilitasi penelitian di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia yang salah satunya dengan Universitas Udayana. Prodia juga memiliki The Indonesian Biomedical Journal yang bertujuan untuk memfasiltasi publikasi ilmiah, terbuka untuk semua peneliti yang berkaitan dengan biomedis, yang direview oleh editor internasional dan terpercaya di Indonesia dan telah terakreidtasi oleh LIPI. Seperti yang diungkapkan oleh pembicara bahwa Prodia berkomitmen sebagai ” Centre Of Excellence “.

Program Pascasarjana khususnya PS. Ilmu Kedokteran memberikan sambutan positif terkait hal tersebut, diharapkan kerjasama ini dapat berkelanjutan sehingga dapat menjembatani para karyasisya dan dosen dalam melakukan penelitian yang tujuannya meningkatkan kreatifitas dan kualitas dari civitas Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Berita Duka

Sehubungan dengan berpulangnya Ibunda tercinta dari Prof. Dr. I Made Budiarsa, MA selaku  Asisten Direktur I Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Nama                       : NI NYOMAN RIPEG

Alamat Rumah Duka  : JL. LETDA MADE PUTRA GANG III NO. 4 KAYUMAS KELOD, DENPASAR

Diberitahukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Upacara Nyiramang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Nopember 2012 pada pukul 15.00 Wita
  2. Upacara Pengabenan dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Nopember 2012 pada pukul 12.00 Wita

 

Denpasar, 20 Nopember 2012

Asisten Direktur II PPs. Unud

Ttd

Prof. Dr. Ketut Budi Susrusa, MS

 

 

Info Seminar Internasional IACCS

Universitas Udayana melalui Program Studi Magister IKM, PS. IKM dan Bag. IKK-IKP, telah menjalin kerjasama dengan FKM Unhas dan International Asian Countries for Cancer Screening (IACCS) dalam penyelenggaraan Konfrensi Internasional. Workshop Pre konfrensi akan berlangsung di Makasar tanggal 28-29 Nopember 2012. Sedangkan konfrensinya sendiri akan berlansung di Hotel Sanur Paradise Denpasar pada hari Jumat, 30 Nopember 2012. Untuk info lebih jelasnya dapat dilihat pada laman www.iaccs8.com .

Yudisium Pascasarjana

Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) selaku Direktur Program Pascasarjana Universitas Udayana melepas calon wisudawan pada acara Yudisium Pascasarjana yang Ke – 66 Periode Ke – IV yang dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Nopember 2012  di Auditorium Gedung Pasca Lantai III Kampus Sudirman Denpasar. Pada periode ini 5 (lima) program studi doktor telah berhasil menamatkan 21 orang wisudawan  dan  19 (sembilan belas) program magister berhasil menamatkan 95 orang wisudawan. Yang istimewa pada yudisium periode ini adalah ditamatkankannya mahasiswa dari Program Dokter Spesialis Combined Degree untuk pertama kalinya atas nama dr. Erivia Debora Pangkahila. Secara keseluruhan predikat kelulusan untuk program doktor, yaitu : 7 orang ( 33,33% ) lulus dengan pujian ( Cum Laude ) dan 14 orang ( 66,67% ) lulus dengan sangat memuaskan, sedangkan untuk program magister 28 orang ( 29,47% ) lulus dengan pujian ( Cum Laude ), 51 orang dengan sangat memuaskan dan 16 orang ( 17,02% ) lulus dengan memuaskan.Sampai saat ini Program Pascasarjana Universitas Udayana telah berhasil menamatkan 4.394 orang magister dan 267 orang doktor. Jumlah tersebut sudah termasuk calon wisudawan yang dilepas saat ini. Sedangkan jumlah mahasiswa yang tercatat masih aktif kuliah di berbagai program studi adalah 2.878 orang mahasiswa program magister dan 658 orang sedang menempuh program doktor.